!!Cut Meutia!! Pahlawan Indonesia

Wednesday, December 21st 2016. | Berita Khusus

Cut Meutia

Cut meutia adalah Pahlawan Indonesia. Beliau dilahirkan di Keureutoe, Pirak, Aceh Utara, tahun 1870. Beliau adalah putri satu-satunya dari empat saudara laki-laki yang lainnya. Teuku Cut Beurahim, kemudian Teuku Muhammadsyah, Teuku Cut Hasan dan yang terahir Teuku Muhammad Ali. Ayahnya adalah seorang Uleebalalang di desa Pirak yang berada dalam daerah keuleebalangan Keureutoe. Cut Meutia di lahirkan dari pasangan yang sangat baik yaitu ayahnya bernama Teuku Ben Daud Pirak dan ibunya bernama Cut Jah.

Cut Meutia

Cut Meutia pahlawan wanita yang sangat tangguh dan patut di tiru sifat – sifatnya yang pantang enyerah dalam menghadapi semua hal. Beliau mulai melawan Belanda pada saat beliau sudah menjadi istri dari Teuku Chik Muhammad atau yang lebih kita kenal dengan sebutan nama Teuku Chik Di Tunong. Dalam perlawananya untuk memberontak Belanda pada bulan Maret 1905, Chik Tunong atau suami Cut mutia itu berhasil ditangkap oleh Belanda dan Chik Tunong dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe oleh belanda. Namun sebelum meninggal, Teuku Chik Di Tunong telah berpesan kepada Pang Nanggroe sahabatnya. Teuku Chik Di Tunong berpesan agar sahabatnya itu mau menikahi istrinya dan mau merawat anaknya Teuku Raja Sabi.

Cut Meutia

Cut Meutia

 

Sesuai wasiat suaminya Cut Meutia pun kemudian menikah dengan Pang Nanggroe lalu bergabung dengan pasukan pemberontak Belanda lainnya yang di pimpinan oleh Teuku Muda Gantoe. Pada saat pertempuran dengan Korps Marechausée di Paya Cicem, Cut Meutia dan para wanita lari dan bersembunyi ke dalam hutan. Pang Nagroe suami Cut Mutia yang baru pun juga terus melakukan perlawanan dengan Belanda dan hingga akhirnya Pang Nagroe tewas pada tanggal 26 September 1910.

Perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia melawan penjajah belanda terus di lanjutkan Cut Meutia bersama sisa-sisa pasukannya. Ia dengan gagah berani menyerang dan merampas pos-pos kolonial Belanda sambil terus bergerak menuju melewati hutan-hutan belantara. Tetapi pada tanggal 24 Oktober 1910, Cut Meutia bersama pasukkannya bertemu dengan pasukan Marechausée di Alue Kurieng dan di pertempuran itu Cut Meutia gugur, Cut Meutia.

diannovitasari
diannovitasari
Hai,,,, Saya Dian Novitasari seorang penulis junior yang masih perlu banyak belajar kritik dan saran dari anda itu motivasi saya agar lebih baik lagi, semoga informasi yang ada di website ini dapat bermanfaat untuk pembaca.
TERIMAKASI...
tags: , ,

Related For !!Cut Meutia!! Pahlawan Indonesia