Dewi Sartika Google Doodle 4 Desember

Monday, December 5th 2016. | Berita Khusus

Dewi Sartika Google Doodle 4 Desember

Okebis.com – Pada tanggal 4 Desember kemarin, ketika kita membuka halaman utama Google maka akan muncul suatu gambar seorang wanita yang mengajarkan menulis pada sebuah papan tulis terhadap 6 orang gadis kecil yang memakai kebaya. Beliau adalah Dewi Sartika hadir sebagai Google Doodle. Kemarin pada tanggal 4 Desember 2016 Google memperingati hari lahir Dewi Sartika yang ke 132 tahun. BeliauĀ  juga merupakan salah satu pahlawan wanita yang mencetuskan sekolah untuk kaum wanita, hal ini beliau lakukan agar kaum wanita Indonesia mendapatkan hak nya untuk mengenyam pendidikan seperti hak yang di terima untuk kaum laki-laki. Tak heran apabila untuk mengenang jasanya, Google memberikan penghargaan kepada seluruh jasanya dengan Google Doodle.

Mengenal Sosok Dewi Sartika

Raden Dewi Sartika lahir di Cicalengka, Bandung Jawa Barat pada tanggal 4 Desember 1884. Beliau merupakan putri dari Raden Somanagara dan Raden Ayu Rajapermas yang merupakan salah satu keluarga Sunda yang ternama di masanya. Seperti hal nya Raden Ajeng Kartini, Beliau merupakan salah satu pahlawan wanita yang mendorong wanita Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Dewi Sartika diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1966. Beliau meninggal di usianya yang ke 62 tahun di Cineam, Tasikmalaya Jawa Barat pada tanggal 11 September 1947.

Dewi Sartika

Peran Dewi Sartika Terhadap Pendidikan Wanita Di Indonesia

Sejak usia remaja, Dewi Sartika merupakan sosok yang sudah aktif mengajar kaum wanita di sekitar kediaman ibunya di kota Bandung. Sejak kecil cita-citanya adalah menjadi seorangĀ  guru untuk kaum wanita di Indonesia. Ketika seusai mengikutiĀ  sekolah dengan teman-temannya, beliau beralih peran menjadi seorang guru. Pada tanggal 16 Januari 1904, beliau mendirikan sebuah sekolah yang di beri nama “Sekola Istri” di Pendopo Kabupaten Bandung, seiring berjalanya waktu sekolah yang berganti nama menjadi “Sekola Keutamaan Istri” itu mulai menyebar di seluruh kota dan kabupaten wilayah Jawa Barat. Setelah sekolah tersebut telah mencapai usia 25 tahun, untuk mengenang jasa Dewi Sartika maka sekolah tersebut berganti nama menjadi “Sekola Raden Dewi”.

 

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Dewi Sartika Google Doodle 4 Desember