Hansamu Yama Menjadi Sosok Pahlawan Skuat Garuda

Thursday, December 15th 2016. | Sepak Bola

Hansamu Yama Pranata

Okebis.com | Siapa sangka bahwa sosok Hansamu Yama kini merupakan salah satu kunci kemenangan Timnas Indonesia. Setelah pada 15 November lalu sempat dihujat masyarakat Indonesia karena telah secara tidak sengaja membuat Irfan Bachdim cedera dan batal membela Indonesia di ajang AFF 2016. Ketika itu, Hansamu di caci dan di maki oleh banyak orang, meskipun banyak pihak yang membelanya termasuk Irfan Bachdim sendiri. Belajar dari caci dan maki tersebut, Hansamu kini telah berubah 180 derajat dari satu bulan yang lalu. Kini Hansamu mulai di elu-elukan oleh suporter Indonesia karena perannya yang sangat berarti bagi timnas Indonesia. Hansamu telah 2 kali mencatatkan namanya di papan skor di AFF 2016 ini lewat sundulan akuratnya. Yaitu ketika melawan Vietnam pada semifinal leg pertama di Stadion Pekansari, Bogor dan di leg pertama Final AFF 2016 melawan Thailand di stadion yang sama.

Perjuangan Hansamu Yama Dari Pesakitan yang Kini Dielu-elukan

Ia menjadi pemain cadangan ketika pertandingan Indonesia vs Filipina.  Di Filipina, dia sama sekali tidak pernah dimainkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.”Saya tidak masalah, mau menjadi pemain inti maupun pemain cadangan, bagi saya yang terpenting adalah kemenangan Indonesia,” ujarnya. Pada akhirnya Hansamu terpilih untuk menjadi pemain inti saat leg pertama semifinal Indonesia vs Vietnam. Hal tersebut tidak lepas dari sebuah ‘kecelakaan’ yang dialami oleh Timnas Indonesia. Dua bek tengah pilihan pelatih Riedl di babak penyisihan, Rudolof Yanto Basna serta Fachrudin Aryanto, terkena akumulasi kartu dari wasit dan tidak bisa bermain di leg pertama semifinal melawan Vietnam. Hansamu akhirnya ditunjuk oleh Riedl untuk mengisi posisi bek tengah Skuat Garuda, dan berduet dengan Manahati Lestusen. Bukan hanya sekedar berjuang keras di lini belakang pertahanan untuk menghalau serangan dari Vietnam, Hansamu juga telah berhasil menyarangkan gol di laga debutnya itu lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok.  Momen dari leg pertama semifinal Piala AFF 2016 tersebut akhirnya menjadi awal mula titik balik keberadaan dari Hansamu di mata publik. Keraguan pada Hansamu Yama mulai menghilang dan berganti menjadi sebuah kepercayaan. Riedl pun memutuskan untuk memainkan kembali Hansamu di leg kedua semifinal di Hanoi.

Hansamu

Hansamu Yama Menjadi Sorotan Media Asing

Situs Four Four Two dari Singapura memberikan penilaian yang bagus terhadap Hansamu. Dalam situs tersebut di sebutkan 3 pemain Indonesia yang menjadi kunci kemenangan Indonesia yaitu Rizky Pora, Fachrudi, dan Hansamu. Dia dianggap berperan penting dengan golnya. Bahkan situs Fox Sports Asia juga secara khusus mengulasnya, Pemain yang berusia 21 tahun ini di-labeli “Temuan berharga”. Ia telah mencetak gol keduanya dalam penampilan ketiganya untuk timnas Indonesia. Ia juga dinilai sebagai pemain yang solid dalam bertahan dan jarang melakukan kesalahan.

“Ia adalah salah satu bek terbaik di turnamen AFF 2016. Pemain Barito Putra ini telah menjadi temuan berharga bagi Alfred Riedl,” bunyi dari artikel Fox asal Singapura itu.

Artikel ~ Hansamu.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Hansamu Yama Menjadi Sosok Pahlawan Skuat Garuda