Hasil Pertandingan Leg Pertama Indonesia vs Thailand Final AFF 2016

Thursday, December 15th 2016. | Sepak Bola

Indonesia vs Thailand Final Leg Pertama

Okebis.com | Gemuruh suara suporter timnas Indonesia di pertandingan Indonesia vs Thailand dengan semangat yang bergejolak ramaikan stadion Pekansari, Bogor malam kemarin pada tanggal 14 Desember 2016. Sorak kemenangan bagi Indonesia yang telah mengalahkan Thailand di leg pertama Indonesia vs Thailand dengan skor 2-1. Nama Rizky Pora dan Hansamu Yama kini telah harum sebagai pahlawan sepak bola Garuda. Gol dari Rizky Pora menyamakan kedudukan Indonesia dan Thailand 1-1. Selang 5 menit setelahnya Hansamu Yama ikut menuliskan namanya di papan pencetak gol untuk Indonesia hingga skor berubah 2-1. Hasil pertandingan Indonesia vs Thailand ini menjadi modal yang sangat penting bagi Indonesia untuk menghadapi pertandingan leg kedua Indonesia vs Thailand pada tanggal 17 Desember 2016 nanti di Stadion Rajamangala, Bangkok Thailand. Pasukan Alfred Riedl hanya perlu meraih hasil imbang di leg ke 2 Indonesia vs Thailand untuk dapat mencatat sejarah baru bagi Indonesia dalam meraih trofi turnamen dua tahunan antar negara Asia Tenggara tersebut. Sejak mengenal pertandingan final kandang-tandang, dalam sejarah yang tertulis menyatakan bahwa tim pemenang final pertama selalu menjadi juara turnamen.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama Indonesia vs Thailand

 Pada awal pertandingan babak pertama Indonesia vs Thailand, kedua tim bermain dengan sangat hati-hati sehingga tidak ada tembakan yang mengarah ke gawang. Baru pada menit ke-9 Indonesia vs Thailand terdapat peluang bagus yang diperoleh tim Thailand. Ini terjadi akibat blunder oleh Rizky Pora. Bermaksud untuk melakukan back pass, operan dari Rizky Pora terlalu lemah sehingga bola bisa dijangkau oleh pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, yang ketika itu dibayang-bayangi Hansamu Yama. Beruntung, eksekusi dari Chanathip melebar di sisi kanan gawang Kurnia Meiga. Lalu pada menit ke-15, Thailand kembali lagi mengancam gawang Indonesia. Namun, tendangan voli yang di lakukan Sarawut Masuk dari dalam kotak penalti Indonesia, ketika menerima umpan sundulan dari rekannya di sisi kanan pertahanan Indonesia, melambung. Tim nasional Indonesia harus kehilangan salah satu pemain kuncinya yaitu Andik Vermansah yang terpaksa harus ditarik keluar pada menit ke-20 karena mengalami cedera hamstring. Dia mengalami cedera tersebut setelah mengalami benturan dengan pemain Thailand yaitu Sarach Yooyen. Pemain dari Selangor FA itu lantas ditandu keluar lapangan. Zulham Zamrun akhirnya masuk menggantikan posisi Andik. Setelah itu, hampir tak ada ancaman serius yang tercipta  dari kedua tim untuk lawannya. Baru pada menit ke-33, Thailand berhasil mendapatkan sebuah peluang emas yang berujung gol. Umpan dari Theerathon Bunmathan melalui sisi kanan pertahanan Indonesia yang dengan sempurna telah dimanfaatkan oleh Teerasil Dangda dengan sundulan yang terarah ke sisi kiri bawah gawang Garuda. Ini merupakan gol keenam Teerasil selama Piala AFF 2016. Hanya berselang 6 menit, Thailand kembali mengancam. Kali ini giliran Chanathip Songkrasin yang mendapatkan peluang ketika mengeksekusi bola umpan silang dari sisi sebelah kanan. Beruntung, tendangan Chanathip yang di lakukan dari dalam kotak penalti mengarah tepat di pelukan Kurnia Meiga. Hingga babak pertama selesai, tak ada lagi gol yang tercipta. Thailand memimpin 1-0.
Indonesia vs Thailand

Jalannya Pertandingan Babak Kedua Indonesia vs Thailand

Tekanan berbahaya tim Thailand terjadi lagi pada awal babak kedua Indonesia vs Thailand, tepatnya pada menit ke-61. Dari skema serangan balik, Sarawut dan Teerasil telah lolos dari hadangan barisan pertahanan Garuda. Sebelum jatuh dihadang oleh Abduh Lestaluhu, Teerasil terlebih dulu memberikan umpan kepada Sarawut yang akhirnya menusuk ke dalam kotak penalti. Tetapi, tendangannya bisa dihalau oleh Kurnia Meiga. Hanya berselang 4 menit saja, Indonesia berhasil mencetak gol balasan melalui tendangan keras Rizky Pora ke gawang Gajah Putih. Bola tembakan Rizky Pora dari luar kotak penalti berhasil menembus sisi kiri gawang Kawin Thamsatchanan. Pada menit ke-70, Indonesia berhasil memperoleh keunggulan. Kali ini giliran Hansamu Yama yang mencatatkan namanya di papan skor setelah dia menyundul bola umpan sepak pojok dari Rizky Pora. Ini adalah gol kedua yang diperoleh Hansamu selama Piala AFF 2016, setelah yang pertama dicetaknya ketika melawan Vietnam di leg pertama semifinal, juga melalui sundulan di stadion yang sama. Pada ujung laga, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Ferdinand Sinaga, yang masuk menggantikan sang kapten Boaz Salossa pada menit ke-78, berhasil mengecoh satu bek Thailand sebelum melepaskan tendangan. Sayangnya, Lerby Eliandy tidak mampu memaksimalkan bola rebound hasil halauan kiper Thailand karena lemahnya sundulannya sehingga bisa ditangkap. Hingga babak ke -2 Indonesia vs Thailand berakhir, tidak ada gol tambahan .Akhirnya Pertandingan Indonesia vs Thailand diakhiri oleh kemenangan Indonesia 2-1.

Artikel ~ Indonesia vs Thailand.

 

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , , ,

Related For Hasil Pertandingan Leg Pertama Indonesia vs Thailand Final AFF 2016