Kabar Gempa Hari Ini: Guncangan Gempa di Sumba Terasa Hingga Bali

Friday, December 30th 2016. | Berita Khusus

Kabar Gempa Hari Ini

Kabar Gempa Hari Ini

Kabar Gempa Hari Ini, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mochammad Riyadi mengumumkan telah terjadi gempa di Subang Barat,  NTT. Mochammad Riyadi  menyatakan bahwa gempa berkekuatan 6,6 SR ini telah mengguncang wilayah Sumba Barat, NTT. Tetali kabar baiknya gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa berada tepat di laut pada jarak 79 km arah selatan Kota Bima dengan kedalaman gempa 98 km. Getaran gempa ini dirasakan lumayan kuat di Sumbawa Barat dengan durasi waktu sekitar 3 detik. Sedangkan di Kabupaten Dompu, gempa terasa selama 5 detik. Kemudia Di Kota Mataram, gempa ini terasa selama sekitar 5 detik. Begitu juga di sebagian besar wilayah Denpasar Bali, gempa juga terasa selama sekitar 5 detik. Merasakan gempa semua masyarakat langsung berhamburan ke luar rumah. Akibat dampak gempa ini akan berdampak kerusakan ringan di daerah yang berdekatan dengan pusat gempa, yaitu terutama daerah serta daerah Bima bagian selatan, Sumba bagian barat dan utara. Gempa ini terjadi pada Jumat 12 Desember 2016 tadi.

Kabar Gempa Hari Ini

Selain itu, getaran juga akan dirasakan meluas di wilayah lain tetapi dengan intensitas getaran lebih kecil. Yaitu antara II Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG atau III MMI di Maumere, Sumba Timur, Sumbawa Barat, Ende, danLombok. Gempa bumi yang terjadi saat ini merupakan gempa yang termasuk berkedalaman menengah dan gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 67 mm/tahun. Dan akibatnya memicu adanya deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia di Zona Benioff di kedalaman 98 km tepat di bagian bawah Cekungan Lombok (Lombok Basin) bagian timur laut. Berdasarkan hasil penelitian pemodelan tsunami dan analisis yang telah dilakukan oleh BMKG, menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, Kabar Gempa Hari Ini.

Kabar Gempa Hari Ini

Kabar Gempa Hari Ini

Kabar Gempa Hari Ini, Kemudian dari hasil monitoring BMKG selama sejam pasca terjadinya gempa bumi yang pertama, baru terjadi satu kali saja gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil yakni 4,4 SR. Pihak BMKG akan terus melakukan monitoring perkembangan aktivitas gempa bumi ini kepada masyarakat. Untuk masyarakat di kawasan gempa untuk tetap tenang dan waspada untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, Kabar Gempa Hari Ini.

diannovitasari
diannovitasari
Hai,,,, Saya Dian Novitasari seorang penulis junior yang masih perlu banyak belajar kritik dan saran dari anda itu motivasi saya agar lebih baik lagi, semoga informasi yang ada di website ini dapat bermanfaat untuk pembaca.
TERIMAKASI...
tags: , , ,

Related For Kabar Gempa Hari Ini: Guncangan Gempa di Sumba Terasa Hingga Bali