Makar Di Hari Aksi Super Damai 212

Friday, December 2nd 2016. | Berita Khusus

Makar adalah menjatuhkan. Perbuatan negatif ini sangat berbahaya bagi negara dan bangsa. Makar, kata ini hampir kita dengar setiap hari baik di radio, media online maupun di televisi. Ketika suhu politik mulai meningkat kata ini selalu saja mencuat karena banyak pihak yang berkepentingan “politik” mencari cara agar bisa memecah belah opini maupun pandangan masyarakat dengan isu isu yang dibuat oleh pembuat makar.

Makar dan Aksi Super Damai 212 Bela Islam

Seperti hari ini, pada Aksi super damai 212 yang dilakukan di Jakarta. Pada saat ratusan ribu orang muslim berkumpul dari seluruh kota di Indonesia melakukan aksi super damai, doa dan sholat jum’at bersama. Aksi super damai 2120ini juga diikuti kepala negara dan wakil yaitu presiden Jokowi dan Jusuf Kalla. Pada hari ini pula beberapa orang yang dituduh melakukan makar ditangkap oleh kepolisian.

Kepolisian Siap Mencegah Upaya Makar Di Indonesia

Kepolisian Siap Mencegah Upaya Makar Di Indonesia

Makar Jelang Pilkada

Isu makar selalu muncul ketika mendekati masa kampanye calon kepala daerah, ataupun calon presiden. Seperti masa saat ini menjelang pemilihan kepala daerah secara serentak yang akan dilakukan pada awal catur wulan 2017. Banyak pihak yang dituding melakukan makar yang sangat meresahkan. Banyak pihak melakukan provokasi yang arahnya untuk menjatuhkan seseorang maupun kelompok tertentu. Perbuatan makar tidak hanya berupa provokasi langsung di depan banyak orang. Perbuatan makar pun banyak dilakukan melalui media terutama media online yang sangat viral penyebarannya. Jika kita tidak bisa menyikapi dengan bijak pandangan politik kita, ataupun pandangan ideologi kita dan melakukan makar sudah tentu akan diproses hukum. Itulah mengapa pihak yang berwajib melakukan penangkapan terhadap pelaku makar jika telah memiliki bukti yang pasti akan perbuatan tertuduh, karena sudah jelas perbuatan makar adalah perbuatan yang tidak menyenangkan dan bisa merugikan pihak lain.
Menurut kbbi atau kamus besar bahasa indonesia makar memilki 3 pengertian yaitu makar yang berarti usaha atau perbuatan dengan maksud hendak menyerang ataupun membubuh orang dan sebagainya misalnya contoh kalimat: “Karena makar menyebabkan kematian Mirana, Jessi dihukum penjara seumur hidup”
makar pengertian kedua adalah tipu muslihat; akal busuk misalnya dalam kalimat ” Segala makarnya itu sudah diketahui musuh bebuyutannya
adapun makar pengertian ketiga adalah perbuatan atau usaha untuk menjatuhkan pemerintah yang sah. misalnya dalam kalimat ” Ia dan kelompok ektremisnya dituduh melakukan makar dan harus menjelaskannya kepada pihak aparat yang berwajib”

Anang Andriana
Anang Andriana
Menulis adalah bagian dari jalan hidupku. Dengan membaca kita bisa tahu dunia. Tapi dengan menulis dunia akan tahu kita.
tags: , ,

Related For Makar Di Hari Aksi Super Damai 212