Sejarah Adanya Hari Ibu 22 Desember

Tuesday, December 20th 2016. | Berita Khusus

Sejarah Adanya Hari Ibu 22 Desember

Okebis.com | Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia setiap tanggal 22 Desember selalu di peringati sebagai hari ibu. Ketika hari ibu datang, umumnya kebanyakkan masyarakat menyimbolkan kasih sayang anak kepada ibunya yang juga menyayangi anaknya sejak belum terlahir di dunia. Hari ibu merupakan penghargaan besar bagi para ibu yang telah berjuang keras, dan mengorbankan nyawanya untuk anaknya. Biasanya ketika hari ibu berlangsung, seorang anak akan memberi hadiah untuk ibunya, yang melambangkan kasih sayangnya terhadap ibunya. Hal ini bukan tanpa alasan hari ibu bukan terbentuk sendiri, melainkan hari ibu juga memiliki sejarah. Hari Ibu di tetapkan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno berdasarkan keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 yang berisi tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Penepatan Tanggal 22 Desember Sebagai Hari Ibu

Penempatan tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu nasional bukanlah di tempatkan tanggal secara acak, namun ini didasarkan dengan tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia yang di lakukan pertama kalinya pada tanggal 22 Desember 1928 silam yang di laksanakan di Yogjakarta. Pelaksanaan Kongres Prempuan Indonesia itu sendiri juga merupakan buah dari gelora semangat perjuangan yang bergejolak setelah adanya peristiwa Sumpah Pemuda yang di laksanakan pada 28 Oktober 1928 silam. Dimana peristiwa Sumpah Pemuda itu membuat semangat juang para perempuan Indonesia menyala-nyala hiangga para kaum perempuan berjuang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Atas dasar semangat nasionalisme para perempuan Indonesia itulah presiden pertama Rakyat Indonesia memutuskan untuk menjadikan tangal 22 Desember sebagai hari Ibu Nasional.

Hari Ibu

Kongres Perempuan Indonesia Sebagai Dasar Terciptanya Hari Ibu

Di dalam Kongres Peempuan Indonesia, para perempuan pejuang yang terkumpul dari 30 organisasi perempuan aktif dan berasal dari 12 kota -kota besar di Jawa dan Sumatera berkumpul untuk menyatukan fikiran serta semangat juang agar dapat merebut kemerdekaan dari penjajah saat itu.

Dalam Kongres Perempuan Indonesia itu, para kaum perempuan juga menyelipkan beberapa agenda mengenai  perbaikan nasib para kaum perempuan di Indonesia. Hal tersebut dimulai dari isu peran perempuan Indonesia dalam pembangunan bangsa dan negara, permasalahan perdagangan anak-anak dan para kaum perempuan, perbaikan gizi serta kesehatan untuk ibu dan balita, serta permasalahan mengenai pernikahan usia dini.

Artikel ~ Hari Ibu.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Sejarah Adanya Hari Ibu 22 Desember