Sejarah Cut Meutia Sang Srikandi Perang Aceh

Wednesday, December 21st 2016. | Berita Khusus

Cut Meutia Pahlawan Nasional

Okebis.com | Cut Meutia merupakan salah satu pahlawan Nasional Indonesia dari tanah rencong Aceh. Ia lahir di Keureutoe, Pirak, Aceh Utara, pada tahun 1870 dan gugur di Alue Kurieng, Aceh, pada tanggal 24 Oktober 1910. Pada awalnya Cut Meutia melakukan perlawanan terhadap koloniel Belanda bersama suaminya yang bernama Teuku Muhammad atau akrab di sapa Teuku Tjik Tunong. Namun na’as pada bulan Maret tahun 1905, Belanda berhasil menangkap suaminya yaitu Tjik Tunong  yang kemudian dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe, Aceh. Sebelum suaminya meninggal, Teuku Tjik Tunong sudah berpesan kepada sahabatnya yang juga teman seperjuangan melawan Belanda yaitu Pang Nagroe agar mau menikahi istrinya tercinta serta merawat anaknya Teuku Raja Sabi yang masih berusia 11 tahun di kala itu.

Kehidupan Cut Meutia

Cut Meutia kemudian akhirnya segera menikah dengan Pang Nagroe sahabat suaminya sesuai dengan wasiat sang suami dan ia juga mulai bergabung dengan pasukan pejuang lainnya yang berada dibawah pimpinan Teuku Muda Gantoe. Dalam suatu pertempuran hebat dengan Korps Marechausée sang koloniel Belanda di Paya Cicem, akhirnya Cut Meutia dan para wanita lainnya terpaksa melarikan diri ke dalam hutan rimba bersama anaknya. Sedangkan Pang Nagroe sendiri berdiri tegak dan terus melakukan perlawanan kepada koloniel Belanda hingga akhirnya ia gugur di medan perang pada tanggal 26 September 1910 di Paya Cicem, Aceh. Kemudian Cut Meutia segera bangkit dan terus menerus melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama sisa-sisa pasukkannya yang masih bertahan. Ia menyerang para penjajah Aceh dan merampas banyak pos kolonial Belanda sambil terus bergerak menuju Gayo dengan cara melewati hutan belantara. Namun sayangnya pada tanggal 24 Oktober 1910, Cut Meutia harus gugur dalam sebuah pertempuran bersama pasukkannya yang tengah bentrok dengan Marechausée dari Belanda di Alue Kurieng.

Cut Meutia

Menghargai Jasa Cut Meutia Dengan Mengabadikan Gambarnya Dalam Uang Indonesia Pecahan 1000 Rupiah

Baru-baru ini pada tanggal 19 Desember 2016, berkan segala jasa yang telah ia lakukan untuk melawan Belanda, Pemerintah Republik Indonesia telah mengabadikan gambarnya ke dalam pecahan uang kertas rupiah Rp.1000,- yang baru. Hal ini sesuai dengan keputusan presiden.

Artikel ~ Cut Meutia.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Sejarah Cut Meutia Sang Srikandi Perang Aceh