Stefano Lilipaly Sang Pencetak Gol, Bangga Menjadi WNI

Friday, December 9th 2016. | Sepak Bola

Cerita Mengharukan Dibalik Stefano Lilipaly

Okebis.com – Siapa sangka bahwa seorang Stefano Lilipaly yang merupakan gelandang timnas Indonesia ini pernah hampir meninggalkan Indonesia dan kembali ke Belanda pada tahun 2011 silam. Ketika itu, tepatnya 5 tahun yang lalu Stefano Lilipaly berada dalam dua pilihan yang membingungkan. Antara memilih menjadi WNI untuk bisa bergabung bersama Timnas Indonesia atau memilih untuk tetap memegang paspor Belanda. Pada awalnya, Lilipaly tidak bersedia untuk melepas paspor Belanda yang dimilikinya. Pemain yang saat itu tengah membela FC Utrecht  ingin memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Indonesia dan Belanda. Namun, di negara Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda sehingga dia harus memilih salah satu diantaranya. Dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari pihak keluarganya, pada akhirnya di pertengahan Maret 2011 suami Carmen Rowena Lumanauw bersumpah untuk menjadi WNI.

Perjuangan Stefano Lilipaly Untuk Timnas Indonesia

Dengan menjadi Warga Negara Indonesia tak lantas membuat karier Stefano Lilipaly melesat di Timnas Indonesia. Stefano baru satu kali tampil bersama Tim Garuda. Stefano mengawali debut resminya di Tim Merah-Putih ketika beruji coba melawan Filipina di Stadion Manahan, Solo, pada Agustus 2013. Stefano Lilipaly menyumbang satu assist ke Greg Nwokolo dalam pertandingan debutnya yang dimenangi Indonesia dengan perolehan skor 2-0. Stefano Lilipaly akhirnya dipanggil kembali ke Skuat Garuda. Stefano Lilipaly menjadi satu-satunya pemain keturunan yang ada di tim Piala AFF Suzuki Cup 2016, setelah Irfan Bachdim batal bergabung karena mengalami cedera.

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly Bangga Menjadi WNI

Stefano Lilipaly adalah pemain yang sangat penting di timnas Indonesia. Dia adalah pencetak gol pembuka di Stadion My Dinh, Hanoi dalam ajang semifinal Indonesia vs Vietnam leg 2 AFF Suzuki Cup 2016. Dirinya mengakui bahwa, kini ia telah mengalami peristiwa yang sangat mengharukan dalam seumur hidupnya yaitu ketika Timnas Indonesia berhasil menuntaskan duel kontra Vietnam dengan hasil imbang 2-2 dan membawa Indonesia ke babak Final AFF 2016. Bukan tanpa alasan, bagi Lilipaly Timnas Indonesia adalah segalanya. Dia telah berjuang bersama dalam tim yang sudah seperti keluarga tersebut. Sesaat setelah peluit panjang pertanda berakhirnya babak perpanjangan waktu dibunyikan, Fano berlari menuju oficial Timnas Indonesia yang sedang membawa bendera Merah Putih. Fano lantas berlari membawa bendera tersebut dan mengibarkannya dengan kedua tangannya di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

“Ini sulit diungkapkan dengan kata-kata. Hari ini saya benar-benar bangga menjadi warga Indonesia. Kami telah berjuang begitu keras dan kini lolos ke final,” ujar Fano

Bahkan ketika bus Timnas Indonesia mengalami penyerangan ketika hendak meninggalkan Stadion Nasional My Dinh menuju ke hotel, Stefano Lilipaly tidak menganggapnya sebagai teror. Dia sudah cukup senang karena Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak final.

“Kami dalam keadaan baik-baik saja. Ini adalah pengalaman mendebarkan dan yang terpenting Indonesia lolos ke final. Siapa yang menyangka bahwa kami akan sejauh ini?,” katanya.

Artikel ~ Stefano Lilipaly.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Stefano Lilipaly Sang Pencetak Gol, Bangga Menjadi WNI