Uang Baru Resmi Diluncurkan Bank Indonesia Tanggal 19 Desember 2016

Monday, December 19th 2016. | Berita Khusus

Uang Baru Indonesia

Okebis.com | Uang baru Indonesia kini telah resmi di luncurkan pada 19 Desember 2016 pukul 09:00 WIB. Penerbitan 11 uang rupiah baru (7 pecahan uang kertas + 4 pecahan uang logam) dengan 12 gambar pahlawan di dalamnya (Soekarno, Mohammad Hatta, Djuanda Kartawidjaja, Sam Ratulangi, Frans Kaisepo, KH Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, I Gusti Ketut Pudja, TB Simatupang, Tjiptomangunkusumo, dan Herman Johannes). Peluncuran uang baru Indonesia ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo dan  Agus Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia dalam sebuah acara peluncuran uang rupiah di Jakarta yang juga dihadiri oleh keluarga dari para pahlawan yang gambarnya telang diabadikan di dalam uang rupiah yang baru itu.

Peluncuran Uang Baru Sebagai Bentuk Daulat Indonesia

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya mengungkapkan bahwa uang rupiah merupakan bentuk kedaulatan negara Indonesia dan menegaskan kepada masyarakat untuk bertransaksi hanya dengan uang rupiah saja, dan bukan uang asing (mata uang negara lain).

“Mencintai rupiah adalah salah satu wujud kecintaaan kita pada kedaulatan dan kemandirian bangsa indonesia setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan kita sebagai negara bahwa kita tidak bertransaksi dengan mata uang negara lain,” ungkap Jokowi di pidatonya dalam acara peluncuran uang rupiah pada Senin, 19 Desember 2016.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menegaskan bahwa penggunaan mata uang rupiah NKRI sebagai satu-satunya alat transaksi pembayaran di wilayah negara Indonesia. “Penggunaan uang asing tak sejalan dengan semangat nasionalisme Indonesia. Maka pelanggaran tersebut dapat dipidanakan serta dapat dikenakan sanksi, kecuali untuk transaksi yang memang diperbolehkan oleh Undang-Undang,” ujarnya.

Uang Baru

Uang Baru Nampak Belakang

Uang Baru Indonesia Wajib Dijaga

Agus Martowardojo menambahkan bahwa uang rupiah Indonesia wajib dijaga serta di rawat dengan sangat baik, hal ini lantaran mata uang rupiah merupakan simbol kedaulatan negara Indonesia. Diharapkan agar masyarakat berhenti melakukan hal-hal yang dapat merusak uang rupiah antara lain misalnya mencorat-coret, membasahi, melipat-lipat, meremas, dan mensteples uang kertas rupiah. Karena jika masyarakat dapat menjaga dan merawat uang Indonesia, itu berarti masyarakat Indonesia cinta akan tanah air.

Artikel ~ Uang Baru.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , ,

Related For Uang Baru Resmi Diluncurkan Bank Indonesia Tanggal 19 Desember 2016