Cegah Kecurangan, Soal USBN 2017 Sudah Dalam Masa Karantina

Monday, March 20th 2017. | Berita Khusus

Cegah Kecurangan, Soal USBN 2017 Sudah Dalam Masa Karantina

Okebis.com || USBN atau Ujian Sekolah Berstandart Nasional kini akan segera dimulai. Proses pembuatan soal pun sudah selesai 100 persen. Pihak terkait juga sudah mengambil inisiatif untuk melakukan karantina pada seluruh soal yang sudah selesai dibuat.

Soal dalam USBN juga sesuai dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) , sehingga para guru sudah semestinya tahu tentang apa yang harus diajarkan pada anak didiknya untuk menghadapi ujian. Hal ini akan mengurangi resiko kecurangan. Mendikbud menyatakan bahwa kecurangan USBN tahun ini akan menurun dibandingkan pada tahun lalu. Di tambah lagi pengawasan dari pihak Ombudsman RI dan Lamsaneg begitu ketat, sehingga dijamin tak ada kebocoran soal. Sementara itu untuk soalnya sendiri dapat ditukar dengan sekolah lain selama masih dalam satu zona yang menggunakan MGMP.

Baca Juga:

Proses Naturalisasi Selesai, Ezra Walian Bergabung Dengan Timnas U-22 Di Bogor

Sementara seorang pengamat pendidikan bernama Indra Charismadji mengungkapkan bahwa Kemendikbud harus memiliki konsistensi yang kuat dan serta melaksanakannya USBN dengan totalitas. Kini masih banyak sekolah yang memilih untuk ujian dengan menggunakan kertas, hal ini membuktikan bahwa Kemendikbud memiliki peran yang begitu minim dalam menjalankan USBN. Hal ini adalah karena hingga saat ini para panitia ujian di daerah maupun sekolah belum maksimal dalam penguasaan komputer untuk ujian.

USBN

Kemendikbud Tak Melakukan Pendampingan Serius dalam USBN?

Jika Kemendikbud melakukan pendampingan secara serius, maka akan memudahkan operator dalam memasukkan soal USBN dalam sistem aplikasi UNBK dengan upaya pelatihan khusus. Selama ini Kemendikbut beralasan tak menyiapkan anggaran hingga tidak dapat melakukan pendampingan berupa pelatihan yang seharusnya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dapat memaksimalkan kegunaan komputer di samping untuk kegiatan mengajar serta UMBK. Dengan mengtgunakan komputer dalam setiap ujian, maka akan membatu menghemat kertas serta anggaran dana yang selama ini digunakan untuk membeli kertas dan tinta untuk proses pencetakan soal dalam kertas.

Artikel ~ USBN.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , , ,

Related For Cegah Kecurangan, Soal USBN 2017 Sudah Dalam Masa Karantina