Demi Mengirim BBM Ke Perbatasan, Pertamina Hadapi Derasnya Arus Sungai Mahakam

Thursday, February 16th 2017. | Berita Khusus

Pertamina Mengirim BBM Hingga Area Perbatasan

Okebis.com || Pertamina merupakan perusahaan sebuah BUMN yang memiliki tugas untuk mengelola penambangan minyak serta gas bumi yang berada di Indonesia.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina memiliki misi untuk menjangkau wilayah 3 T yaitu wilayah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal dalam BBM dengan satu harga di Kalimantan. Kini PT. Pertamina (Persero) bagian Marketing Operation Region VI telah membangun SPBU Kompak di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia, yaitu kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Pertamina telah mengupayakan agar ketahanan energi Indonesia sampai keseluruh wilayah Indonesia secara merata.

Baca Juga:

Mengintip Kekayaan Para Kandidat Calon Pilkada DKI: Sandiaga Uno Yang Terkaya???

Harapan Besar Para Pedagang Pasar Untuk Pemenang Pilkada Jakarta

Saling Berbaikan, Dewi Persik Dan Nassar Meminta Maaf Pada Masyarakat

Bahkan hingga ke wilayah- wilayah yang sulit terjangkau. Demi memberlakukan harga bensin premium dan solar yang sama rata di seluruh Indonesia, Pertamina mengambil kebijakan subsidi ongkos angkut. Sebelum adanya kebijakan subsidi ongkos angkut ini, masyarakat area perbatasan harus membeli bensin dengan harga Rp 15.000 per liter dan Solar Rp 13.000 per liter. Padahal di daerah lain di Indonesia seperti di Jawa menggunakan tarif bensin Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter. Hal ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat perbatasan dan menyama ratakan harga BBM seluruh Indonesia.

Pertamina

Sulitnya Pertamina Mengirim BBM Ke Wilayah Perbatasan

Distribusi Pertamina mengangkut BBM ke wilayah perbatasan seperti Mahakam terbilang cukup sulit, pihak Pertamina harusĀ  mengangkut BBM menggunakan kapal LCT dari terminal BBM Samarinda, kemudian dipindahkan dengan menggunakan drum ke moda transportasi air long boar di Long Bagun.

Pertamina

Proses ini memakan waktu hingga 7 sampai 10 hari lamanya. Selain itu resiko yang sangat tinggi harus dijalani dan di hadapi ketika long boat harys menempuh 12 jeram per riam selama perjalanan menuju Mahakam. Dan pengiriman seperti itu terus dilakukan sebanyak dua kali perbulan dengan menggunakan long boat berdaya angkut 300 drum sebanyak 10 unit. Begitu sulitnya pendistribusian ke wilayah- wilayah perbatasan ini tentunya menuntut kita untuk lebih bijak dalam menggunakan BBM.

Artikel ~ Pertamina.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , ,

Related For Demi Mengirim BBM Ke Perbatasan, Pertamina Hadapi Derasnya Arus Sungai Mahakam