Heboh!!! Rencana Pernikahan ‘Panglima Burung’ Adat Dayak Dengan ‘Titisan Nyu Roro Kidul’

Friday, February 24th 2017. | Berita Khusus

Rencana Pernikahan ‘Panglima Burung’ Adat Dayak Dengan ‘Titisan Nyu Roro Kidul’

Okebis.com ||  Saai ini para masyarakat Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, Katingan, Kalimantan Tengah, sedang mempersiapkan pernikahan dari Panglima Burung yang merupakan legenda leluhur masyarakat Dayak dengan Sri Baruno Prameswati yang disebut- sebut sebagai titisan dari Nyi Roro Kidul.

Sebelum menikah dengan Panglima Burung, konon Sri Baruno Prameswati telah menerima lamaran dari tujuh Panglima Dayak. Namun Panglima Burung lah yang lamarannya diterima oleh titisan Nyi Roro Kidul tersebut. Informasi ini dikonformasi oleh Tato Pamungkas  yang merupakan AKBP Kapolres Katingan  setelah pihak Kapolres menemui Isay Djudae yang merupakan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan. Tato Pamungkas mengungkapkan bahwa pada awalnya Damang tersebut didatangi oleh seorang wanita bernama Retno yang mengaku sebagai utusan dari Sri Baruno Prameswari untuk meminta agar segera dipersiapkan segala keperluan untuk ritual pernikahan adat Dayak.

Panglima Burung

Dari damang itulah Polsek Katingan Tengah mendapatkan informasi mengenai Sri Baruno yang menolak lamaran para panglima dayak lain dan menerima untuk menikahi Panglima Burung.  Menurut informasi dari surat undangan yang dibuat, pernikahan gaib tersebut akan dilangsungkan secara adat dayak pada tanggal 28 Februari 2017 di kediaman Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan. Kabar rencana pernikahan ini lantas menjadi sorotan publik terutama para masyarakat suku dayak. Seluruh masyarakat pun mempersiapkan segala keperluan untuk pernikahan leluhur mereka itu.

Baca Juga:

Agensi Memastikan Bahwa Na Hye Mi Dan Eric Shinhwa Berpacaran

Jack Brown Si Bocah Ajaib Jebolan Manchester United Yang Dipanggil Oleh Timnas Indonesia

Awal Perencanaan Pernikahan ‘Panglima Burung’ Adat Dayak Dengan ‘Titisan Nyu Roro Kidul’

Pada awalnya di tanggal 12 Februari sekitar pukul 16.00 WIB, Retno mendatangi rumah Damang. Kepada Damang Retno mengatakan perihal pernikahan Panglima Burung dengan Sri Baruno Prameswati yang harus dilangsungkan dengan ritual adat Dayak. Selanjutnya di waktu itu ibu Retno tersebut memberikan uang sebesar 16 juta rupiah kepada Damang dan mengatakan bahwa Retno akan kembali beberapa hari lagi. Rupanya hal itu benar dan pada tanggal 19 Februari Retno kembali datang kerumah Damang untuk memastikan tempat pelaksanaan pernikahan Panglima Burung tersebut.

Image result for panglima burung dayakImage result for Sri Baruno Prameswari titisan nyi roro kidul

Selanjutnya damang mengundang mantir Desa Mirah Kalanaman, Desa Tumbang Manggu, dan Desa Telok untuk melakukan tenung (ritual adat Dayak untuk menanyakan kepada roh). Selanjutnya di tanggal 21 Februari Retno kembali dengan uang berjumlah total 80 juta untuk persiapan pernikahan Panglima Burung. Awalnya damang mengira bahwa bu Retno hanya main- main, namun setelah adanya uang yang di berikan kepada damang tersebut, akhirnya damang membeli dan mempersiapkan segala sesuatu untuk pernikahan Panglima Burung tersebut.
Artikel ~ Panglima Burung.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Heboh!!! Rencana Pernikahan ‘Panglima Burung’ Adat Dayak Dengan ‘Titisan Nyu Roro Kidul’