Kiprah Wali Songo Yang Masih Terkenang Oleh Umat Muslim Di Pulau Jawa

Wednesday, March 22nd 2017. | Berita Khusus

Wali Songo Penyebar Agama Islam Di Pulau Jawa

Okebis.com || Wali Songo dikenal sebagai penyebar agama Islam pertama di Jawa di abat ke -14 saat Indonesia masih disebut dengan Nusantara.

Secara Garis Besar, Wali Songo menyiarkan Islam dengan berbagai cara dalam bentuk kesenian tradisional masyarakat setempat dengan menyisipkan nilai islami didalam kesenian tersebut. Oleh karena itulah upaya Wali Songo dalam menyebarkan islam begitu komunikatif serta mudah untuk dimengerti. Jasa Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Jawa membuat Jawa banyak memeluk agama Islam hingga saat ini. Okebis.com telah meringkas kiprah tiga dari sembilan wali yang tergabung dalam Wali Songo.

Wali Songo

Baca Juga:

Penampilan Perdana Ezra Walian Saat Laga Ujucoba Melawan Myanmar

Disney World’s Pandora — The World of Avatar, Taman Bermain Yang Persis Dengan Filmnya

Inao Jiro Yang Merupakan Manager JKT48, Meninggal Dunia Karena Gantung Diri

Kiprah Wali Songo Yang Masih Terkenang Oleh Umat Muslim Di Pulau Jawa

  • Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan seorang pengembang ajaran agama islam yang memanfaatkan gending dan wayang sebagai media penyampaian dakwahnya. Ia aktif mengajarjan agama islam di wilayah pesisir utara Jawa Timur. Nama aslinya adalah Raden Maulana Ibrahim, ia merupakan putra dari Raden Rahmat dan  Dewi Candrawati, ia juga merupakan saudara sepupu dari Sunan Kalijaga.

Hasil gambar untuk gending wayang

  • Sunan Ampel

Sunan Ampel merupakan salah satu dari Wali Songo. Ia memiliki nama asli Raden Rahmat dan merupakan putra dari Sunan Gresik dan Dewi Candrawulan. Ia dikenal sebagai pendiri pesantren Ampel Denta yang terdapat di Surabaya. Hal ini membuat Sunan Ampel di klaim sebagai pembina pondok pesantren pertama di Jawa Timur. Ia juga dikenal sebagai perancang kerajaan islam pertama di Pulau Jawa dengan ibu kota yang terletak di Bintoro, Demak. Sunan Ampel adalah sosok yang mengangkat Raden Fatah sebagai sultan kerajaan Demak yang pertama karena dianggap memiliki peran besar dalam islam.

Hasil gambar untuk kerajaan demak

  • Sunan Giri

Sunan Giri memiliki nama asli Raden Paku namun juga kerap dijuluki Sultan Abdul Fakih, dan terkadang dijuluki Prabu Satmata. Ia juga merupakan salahs satu dari Wali Songo. Sunan Giri adalah putra dari Maulana Ishak, yang ditugaskan oleh Sunan Ampel untuk mengembangkan agama Islam di Blambangan. Ia mendidik anak- anak dengan berbagai permainan yang diselipkan nilai agama seperti permainan yang diciptakannya yaitu gendi ferit, jor, gula ganti, cublak-cublak suweng, ilir-ilir, jelungan, jamuran, dan lain sebagainya. Ia dianggap sebagai orang yang berperan penting dalam kesultanan Demak Bintoro (Kesultanan Demak).

Hasil gambar untuk cublek suweng

Artikel ~ Wali Songo.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , ,

Related For Kiprah Wali Songo Yang Masih Terkenang Oleh Umat Muslim Di Pulau Jawa