Mengelupas 5 Fakta Menarik Fenomena Equinox Dan Pengaruhnya Bagi Dunia

Friday, March 17th 2017. | Berita Khusus

Fenomena Equinox Dan Pengaruhnya Bagi Dunia

Okebis.com || Belakangan ini telah ramai adanya pesan berantai mengenai efek fenomena Equinox yang kabarnya sangat berbahaya. Dalam pesan berantai itu mengatakan bahwa fenomena Equinox akan meningkatkan suhu udara di Indonesia mencapai 40 derajat Celsius.

Hal ini sontak membuat masyarakat cemas dan merasa tak tenang dalam menghadapi fenomena Equinox. Pasalnya dalam pesan tersebut juga menyebutkan bahwa fenomena ini dapat membuat dehidrasi hingga heat stroke. Kenyataannya dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena Equinox adalah fenomena alam yang normal terjadi.

Equinox

Peristiwa Equinox ini merupakan peristiwa dimana matahari akan melintas tepat di atas garis katulistiwa sehingga menyebabkan keadaan siang dan malam di seluruh penjuru dunia memiliki durasi yang relatif sama. Pihak BMKG juga menghimbau agar masyarakat tidak berlebihan dalam menanggapi berita mengenai Equinox, pasalnya fenomena ini tidak selalu di sertai dengan peningkatan suhu udara secara drastis.

Baca Juga:

Fenomena Equinox bukanlah seperti fenomena ‘heat wave’ di Afrika dan Timur Tengah yang mampu membuat suhu udara naik secara drastis dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Pada umumnya di saat fenomena ini teradi, rata- rata suhu maksimal di wilayah Indonesia mencapai 32 hingga 36 derajat celcius saja. Fenomena ini secara periodik terjadi dua kali dalam setahun yakni pada 21 Maret serta 23 September.

Mengelupas 5 Fakta Menarik Fenomena Equinox

  • Terjadi Dua Kali Dalam Satu Tahun

Fenomena ini terjadi setiap tanggal 21 Maret serta 23 September. Saat fenomena ini terjadi di bulan Maret, di belahan bumi selatan menyebutnya sebagai Autumnal Equinox, sedangkan pada belahan bumi Utara menyebutnya sebagai Vernal (musim semi) Equinox.

Image result for vernal equinox

Janannya peristiwa Equinox

  • Pertanda Musim Semi

Para ahli menyebutkan bahwa Equinox di bulan Maret adalah pertanda musim semi untuk wilayah bumi utara, sedangkan pada Equinox yang terjadi pada september merupakan pertanda musim semi di belahan bumi selatan.

Related image

musim semi dimana bunga akan mekar

  • Kesamaan Waktu Siang Dan Malam

Saat terjadi fenomena ini maka di seluruh bagian bumi akan memiliki durasi siang dan malam yang relatif sama dan seimbang.

Image result for Equinox yin yang

seimbangnya waktu siang dan malam

  • Waktu Terbaik Untuk Melihat Aurora Borealis

Di saat memasuki Equinox September, saat itulah moment paling tepat agar dapat melihat Aurora Borealis atau biasa di sebut garis utara. Cahaya indah akan terlihat di langit saat itu.

Image result for Aurora Borealis

  • Tradisi Menyeimbangkan Telur

Tradisi ini terjadi di China setiap bulan Maret dan September tepat saat fenomena ini terjadi. Penduduk cina meyakini bahwa telur hanya dapat di seimbangkan pada setiap Equinox terjadi saja.

Image result for vernal equinox

Artikel ~ Equinox.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Mengelupas 5 Fakta Menarik Fenomena Equinox Dan Pengaruhnya Bagi Dunia