Rush Money 212 Tahun 2016

Sunday, November 27th 2016. | Berita Khusus

Rush money itu apa sih? Rush money atau penarikan uang beramai ramai atau penarikan uang dalam jumlah yang besar dalam satu waktu di bank oleh pemilik uang atau nasabah. Hal ini jika dilakukan tentu akan sangat mengganggu stabilitas keuangan ddunia perbankan. Isu ini mencuat jelang aksi 212 yang ramai diisukan akan dilakukan pada tanggal 2 Desember 2016.

Isu Rush Money 212

Merebaknya isu yang sangat viral di dunia media sosial maupun media ini mulai muncul sejak terjadinya aksi damai pada 4 Nopember 2016 di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

rush money isu dan pelaku dalam konferensi pers polri

rush money isu dan pelaku dalam konferensi pers polri

Seorang guru yang mengajar di salah satu sekolah menengah kejuruan Jakarta Utara ditengarai merupakan orang yang pertama kali mengimbau pada publik untuk melakukan rush money. Tindakan AU yang berasal dari Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini di anggap sebagai hasutan yang menimbulkan efek negatif dan bisa merugikan dunia perbankan dan juga publik.

Pelaku Isu Rush Money dari Jakarta Utara

Karena tindakan yang dilakukan oleh guru ini maka ia diamankan oleh polisi dan tengah mnejalani penyelidikan. Kadiv Humas Markas besar polisi republik Indonesia Irjen Boy Rafli Amar menyatalkan bahwa: Dia (pelaku) menyuruh supaya mengambil uang dari bank milik komunis. Tindakan penghasutan seperti ini telah melanggar pasal 28 ayat 2 UU Informasi dan transaksi elektronik. Adapun hukuman yang menanti maksimal diatas 5 tahun kurungan. Menurut kepolisian ada puluhan akun di sosial media yang telah menyerukan ajakan yang serupa yaitu isu rush money.
Menurut portal BBC, Indonesia 20 tahun yang lalu pernah mengalami rush money. pada tahun 1997 beberapa bank di Indonesia banya yang ditutup dan mengalami likuidasi. Terjadi unstabilitas ekonomi dan perbankan yang dalam kondisi tidak sehat. Keadaan ini membuat kekawatiran di masyarakat. sehingga banyak orang yang memutuskan mengambil uangnya di bank tempat mereka menyimpan uang mereka selama ini terjadilah rush money.

Anang Andriana
Anang Andriana
Menulis adalah bagian dari jalan hidupku. Dengan membaca kita bisa tahu dunia. Tapi dengan menulis dunia akan tahu kita.
tags: , , ,

Related For Rush Money 212 Tahun 2016