Selamat Jalan KH Hasyim Muzadi, Sang Ulama Besar Indonesia

Friday, March 17th 2017. | Berita Khusus

KH Hasyim Muzadi Berpulang

Okebis.com || Kabar duka datang dari salah satu ulama besar Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yakni almarhum KH Hasyim Muzadi.

Pemakaman sang Kiai Besar Islam telah usai dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 16 Maret 2017 sore hari. Prosesi pemakaman dilaksanakan dengan upacara militer kenegaraan seperti layaknya pahlawan negara. Sesuai dengan keinginannya semasa hidup, jenazah KH Hasyim Muzadi dimakamkan di kompleks pesantren miliknya, yaitu Pondok Pesantren Al Hikam di Kukusan, Beji, Depok. Hal ini sesuai dengan pesan dan amanah beliau semasa hidup yang ingin di makamkan di kompleks pesantrennya jika ia menutup usia.

Baca Juga:

Sebagai perwakilan dari presiden Joko Widodo yang sedang terdapat kepentingan, Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir dalam upaca pemakaman dan bertindak sebagai inspektur upacara yangberlangsung selama 45 menit tersebut. Sebagai pembukaan upacara pemakaman, terdapat agenda pembacaan riwayat hidup singkat KH Hasyim Muzadi. Yang selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan apel persada oleh sang wakil presiden RI dengan berdoa agar sang kyai dapat ditempatkan di tempat terbaik di alam baka.

KH Hasyim Muzadi

Pemakaman KH Hasyim Muzadi Diselimuti Suasana Haru Dan Sakral

Prosesi pemakaman dari KH Hasyim Muzadi dihadiri oleh berbagai kalangan dari berbagai daerah, dimulai dari kalangan pejabat negara, elite politik, tokoh nasional, para santri, hingga masyarakat umum. Bendera Merah Putih nampak melapisi peti jenazah sebelum kemudian di bentangkan saat jenazah di turunkan ke liang lahat. Suasana haru terpancar dalam prosesi pemakaman KH Hasyim Muzadi, lagu “Gugur Bunga” turut mengiringi suara isak tangis dari para keluarga, para santri, serta para pelayat. Setelah jenazah selesai disemayamkan di liang lahat, penaburan bunga pertama dilakukan dari pihak keluarga, yang selanjutnya wakil presiden Jusuf Kalla juga turut menaburkan bunga. Prosesi pemakaman KH Hasyim Muzadi selesai pada pukul 17.45 WIB.

Artikel ~ KH Hasyim Muzadi.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , ,

Related For Selamat Jalan KH Hasyim Muzadi, Sang Ulama Besar Indonesia