Suyadi Google Doodle 28 Nopember

Monday, November 28th 2016. | Artis

Suyadi tokoh yang sangat lekat di hati anak anak sejak tahun 1980an hari lahirnya 28 nopember dijadikan google doodle hari ini, 28 nopember 2016. Drs Suyadi yang wafat pada 30-10-2015 lalu selalu mengingatkan kita tentang serial unyil yang selalu disenangi sepanjang masa.

Suyadi adalah tokoh pencipta unyil

Drs Suyadi 28 Nop 2016 jadi doodle-nya google

Drs Suyadi 28 Nop 2016 jadi doodle-nya google

Ia juga ada di dalam serial tersebut sebagai pak Raden yang justru lebih dikenal daripada nama asli beliau Suyadi. Seorang jawa tulen yang lahir di desa puger, jember pada 28 nopember 1932. Beliau menempuh pendidikannya dalam bidang seni rupa Institut Teknologi Bandung selama 6 tahun yaitu antara 1952sampai 1960. Kemudian ia juga belajar bidang animasi di Perancis selama kurang lebih 3 tahun mulai 1961 s.d 1963.

Pada tahun 1980 Drs Suyadi membuat Si Unyil untuk memberikan acara yang mendidik bagi anak naka di masa itu. Jalan cerita yang sangat menghibur dan berisi petuah petuah membuat serial unyil selalu dinantikan.

Suyadi Sebagai Pak Raden

Tokoh dalam serial si unyil adalah Unyil wajah asli anak Indonesia yang selalu menggunakan peci dan mengalungkan sarung di badannya.  Mbok Bariah yang kental dekat logat maduranya dan selalu mengatakan Mboo a Bo, Ta iye. Ada juga teman unyil, si Melan yang merupakan keturunan tionghoa, bermata sipit dan tidak bisa mengucapkan huruf R. Selain itu yang selalu kena getahnya akibat perbuatan buruknya adalah pak Ogah. Seorang lelaki dengan kepala gundul dan selalu minta upah jika di minta melakukan sesuatu. Tokoh lain yang khas yang biasanya di takuti oleh unyil dan kawan kawan adalah pak raden. Bapak bapak tua yang selalu berpakaian jawa dan blangkon dan dengan wajah sangar di hiasi kumis tebal yang membuat anak anak sungkan. Pak Raden biasanya memberikan petuah di akhir cerita, suaranya asli dari Drs Suyadi yang sangat medok logat jawanya.

Serial si unyil sempat hilang dari layar kaca. pada tahun 2000 salah satu televisi swasta menghidupkannya kembali dengan judul Laptol Si Unyil. Isi cerita sangat mendidik karena memberikan pegetahuan kepada anak anak tentang perkembangan yang ada di sekitar kita baik dalam hal teknologi maupun tempat tempat unik yang ada di Indonesia.

Drs Suyadi sangat lekat dan tidak bisa dipisahkan dari serial si Unyil. Beliau juga banyak menulis buku dan menjadi ilustrator buku pelajaran bahasa Indonesia yang ditunjuk langsung oleh pemerintah. Kita akan selalu mengenang pak Raden, Drs Suyadi dengan karya karyanya yang ada.

Anang Andriana
Anang Andriana
Menulis adalah bagian dari jalan hidupku. Dengan membaca kita bisa tahu dunia. Tapi dengan menulis dunia akan tahu kita.
tags: , , ,

Related For Suyadi Google Doodle 28 Nopember