Tradisi Berbagai Negara Dalam Menghadapi Fenomena Equinox

Thursday, March 23rd 2017. | Berita Khusus

Apa Itu Fenomena Equinox?

Okebis.com || Fenomena Equinox merupakan fenomena alam meteorologi dimana matahari akan melintasi garis katulistiwa bumi hingga membuat keadaan siang dan malam dari berbagai belahan bumi memiliki durasi yang sama yaitu 12 jam berbanding 12 jam.

Setiap tahunnya, fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret serta 23 September. Di Indonesia, banyak orang yang heboh membicarakan tentang adanya fenomena Equinox. Hal ini karena belakangan ini ada berita hoax bahwa ketika fenomena itu terjadi maka akan meningkatkan suhu udara dengan sangat drastis yakni hingga 40 derajat celcius. Dan kenyataannya  berbeda dari apa yang diberitakan.

Baca Juga:

Mengapa Ezra Walian Lebih Memilih Timnas Indonesia Daripada Timnas Belanda?

Di saat fenomena itu terjadi, matahari memang tampak sedikit lebih terang dari biasanya, namun suhu udara relatif normal antara 32 hingga 36 derajat celcius. Ditambah lagi pada tanggal 21 Maret kemarin terjadi hujan di wilayah Jawa dan sekitarnya, hal ini semakin mengurangi suhu udara karena udara lembab. Di berbagai tempat di dunia, fenomena Equinox yang terjadi setiap tanggal 21 Maret merupakan pertanda datangnya musim semi. Bagaimana tradisi dari berbagai negara di dunia saat fenomena Equinox terjadi?

Equinox

Tradisi Di Berbagai Negara Saat Fenomena Equinox Terjadi

1. Tiongkok

Masyarakat kuno Tiongkok percaya bahwa equinox merupakan hari pertama di musim semi yang berarti hari dimana bumi seimbang. Dengan mitos tersebut, para masyarakat percaya bahwa sebuah telur dapat berdiri tegak tanpa dipegang hanya pada saat Equinox terjadi. Mereka umumnya selalu menyeimbangkan telur saat fenomena ini terjadi

Hasil gambar untuk Chunfen

2. Meksiko

Di Meksiko mempercayai bahwa saat posisi matahari dalam keadaan Equinox, maka cahayanya dapat menghapuskan segala roh jahat, kejenuhan, serta amarah. Biasanya kaum Pagan akan pergi ke kuil saat gelap untuk mendapatkan sinar matahari pertama untuk memurnikan jiwa mereka.

Hasil gambar untuk tradisi berbagai negara Equinox spring

3. Jepang

Sementara di Jepang, Equinox dianggap sebagai hari dimana para roh akan kembali ke Nirwana, oleh karena itu hari itu di tetapkan sebagai hari libur nasional dan umunya di gunakan untuk berziarah ke makam keluarga masing- masing yang kemudian dilanjutkan dengan berpiknik dibawah pohon sakura.

Hasil gambar untuk tradisi berbagai negara Equinox spring

4. India

Masyarakat India memiliki cara khusus yakni dengan cara merayakannya dengan cara menari dan menyanyi dengan sembari menyiratkan bubuk warna satu sama lain. Festival ini disebut dengan festival Holly.

Hasil gambar untuk tradisi berbagai negara Equinox spring

5. Italia

Di Italia, Equinox merupakan simbol kesuburan, pada hari itu umumnya para wanita akan pergi bercocok tanam.

Hasil gambar untuk tradisi berbagai negara Equinox spring

Artikel ~ Equinox.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , , ,

Related For Tradisi Berbagai Negara Dalam Menghadapi Fenomena Equinox