Jangan Khawatir Terhadap Adanya Fenomena Equinox, Ini Penjelasan Dari BMKG

Thursday, March 16th 2017. | Berita Khusus

Fenomena Equinox Akan Terjadi Di Indonesia

Okebis.com || Sesaat lagi akan terjadi fenomena Equinox di Indonesia yang tepatnya diprediksi terjadi pada tanggal 20 hingga 21 Maret 2017 mendatang. Lantas apakah yang dimaksud dengan fenomena Equinox?

Fenomena Equinox adalah salah satu fonema astronomi dimana matahari akan melintasi garis katulistiwa sehingga berdampak pada peningkatan suhu udara dan berlangsung secara periodik dua kali dalam setahun yakni di tanggal 21 Maret serta 23 September setiap tahun berjalan. Saat terjadi fenomena Equinox, maka durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi relatif sama termasuk pula pada wilayah subtropis di bagian selatan ataupun utara. Fenomena ini memang meningkatkan suhu udara, namun peningkatan suhu udara di Indonesia tidak akan mencapai 40 derajat celcius.

Baca Juga:

Telah Kembali Dibuka Penerimaan Polri Baru Tanpa Dipungut Biaya, Buruan Daftar!

Equinox tak selalu diiringi dengan meningkatnya suhu udara secara drastis, umumnya ketika fenomena ini terjadi di Indonesia, suhu udara yang mengalami peni9ngkatan hanya akan mencapai angka maksimal 32 hingga 36 derajat celcius. Hal ini karena Equinox cenderung pada kesamaan durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi, bukan pada perubahan suhu udara yang drastis. Fenomena Equinox yang terjadi di garis katulistiwa bukanlah seperti peristiwa “heatWeave” di wilayah Timur Tengah dan Afrika yang cenderung meningkatkan suhu udara dalam jangka waktu yang lama.

Equinox

Penjelasan Dari BMKG Terkait Fenomena Equinox

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang menghimbau agar masyarakat tidak terlalu khawatir dengan adanya fenomena alam Equinox, yang harus masyarakat persiapkan adalah daya tahan tubuh menghadapi musim pancaroba (pergantian musim hujan ke musim kemarau). Selain itu pihak BMKG juga menyampaikan bahwa matahari tepat berada di garis katulistiwa akan melintasi Sumatera Barat yang tepatnya adalah tiga daerah di Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, serta Kabupaten Limapuluh Kota. Matahari akan kontak ke garis khatulistiwa di Sumatera Barat mulai dari tanggal 20 Maret 2017 pukul 10.51 WIB dan akan segera meninggalkan garis kaatulistiwa pada tanggal 21 Maret 2017 di pukul 16.39 WIB.

Artikel ~ Equinox.

Ika Kumala Dewi on BloggerIka Kumala Dewi on EmailIka Kumala Dewi on FacebookIka Kumala Dewi on GoogleIka Kumala Dewi on InstagramIka Kumala Dewi on LinkedinIka Kumala Dewi on TwitterIka Kumala Dewi on WordpressIka Kumala Dewi on Youtube
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi
Online Marketing Author CV.Garuda Sakti
Hai ,saya adalah Ika Kumala Dewi .Seorang penulis junior yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang berbagai hal di sekitar kita. Terutama lewat Okebis.com ini yang merupakan sumber informasi yang Akurat, Positif,dan Bermanfaat. Salam Kenal ~
tags: , , ,

Related For Jangan Khawatir Terhadap Adanya Fenomena Equinox, Ini Penjelasan Dari BMKG